JIKA KITA BISA MENJADI ‘TUHAN’

menjadi tempat yang

[AkhirZaman.org] Salah satu potongan alegoris yang paling menggugah pikiran yang saya baca akhir-akhir ini adalah sebuah cerita pendek oleh penulis Israel Etgar Keret. Mengenai “Sopir Bus yang Ingin Menjadi Tuhan“, Keret bercerita tentang seorang sopir bus “yang tidak akan pernah membukakan pintu bus untuk orang yang terlambat”.

Ternyata, itu bukan karena sopir bus itu jahat; itu karena dia adil. Jika harus menunggu satu penumpang, kata sopir bus, penumpang lain yang datang tepat waktu akan menderita.

Rasa keadilan pengemudi akan mencegahnya untuk menyetujui, bahkan kepada “wanita tua kecil dengan kantong kertas cokelat penuh belanjaan yang berjuang untuk menjatuhkannya dengan tangan gemetar.”

Tapi yang paling terpengaruh oleh rasa keadilan supir bus yang gigih adalah Eddie, pria yang selalu terlambat dan telah kehilangan segala macam hal dalam hidup karenanya.

Suatu hari, di tempat kerjanya, Eddie bertemu dengan seorang gadis bernama Happiness, dan entah bagaimana, dia menerima undangannya untuk bertemu sehari kemudian untuk mengobrol di taman.

Keesokan harinya, Eddie berusaha sebaik mungkin untuk tidak ketinggalan bus, tetapi cukup yakin, ketika dia berlari ke halte, dia melihat bus itu menjauh. Untung bagi Eddie, lampu lalu lintas pertama seratus meter setelah halte menyala merah tepat pada waktunya, dan bus berhenti.

Eddie berlari secepat yang dia bisa, meski dia tahu dia tidak punya kesempatan. “Dia bahkan tidak menggedor kacanya, dia sangat lemah. Dia hanya menatap pengemudi dengan mata lembab, dan berlutut, terengah-engah dan tersengal-sengal. “

Saat itu, ceritanya, sang supir bus teringat bahwa dahulu kala sebelum menjadi supir, dia ingin menjadi Tuhan. Karena dia tidak bisa menjadi Tuhan, dia memutuskan untuk menjadi sopir bus.

“Dan tiba-tiba pengemudi itu teringat bagaimana dia pernah berjanji pada dirinya sendiri bahwa jika dia menjadi Tuhan pada akhirnya, dia akan menjadi penyayang dan baik hati, dan akan mendengarkan semua makhluk-Nya.” Itulah alasan mengapa, terlepas dari rasa keadilan pengemudi yang tak tergoyahkan, dia tidak bisa pergi tanpa membuka pintu untuk Eddie. Jadi dia membiarkan Eddie masuk.

Ternyata tanggal tersebut tidak berhasil. Kebahagiaan diungkapkan kepada Eddie bahwa dia sudah bertunangan. Dalam perjalanan kembali ke halte, kelelahan dan sedih, Eddie melihat bus itu sudah berada di halte. Sudah terlambat, bahkan untuk berlari. Selain itu, dia tidak memiliki kekuatan yang tersisa. Namun, ketika Eddie yang kecewa akhirnya berhasil sampai ke halte bus, dia mengetahui bahwa bus itu masih ada, menunggunya. Dan meskipun para penumpang berteriak dan menggerutu untuk melanjutkan perjalanan, pengemudi menunggu Eddie.

Ceritanya berakhir sama menariknya dengan dimulai. “Ketika mereka mulai bergerak, [supir bus] mengedipkan mata sedih kepada Eddie, yang entah bagaimana membuat semuanya hampir tertahankan.”

Menjadi Tuhan

Apa yang akan kita lakukan jika kita bisa menjadi Tuhan? Bagaimana kita akan menggunakan semua kuasa-Nya dan semua kasih karunia-Nya? Apakah kita akan memprioritaskan menjadi benar-benar adil, atau lebih baik menjadi penuh belas kasihan? Bisakah kita menjadi keduanya? Haruskah kita melakukannya?

Seringkali, saya membayangkan bagaimana rasanya menerapkan keadilan dengan sempurna dan memberikan kepada semua orang apa dalam pandangan saya yang terbatas ini layak diterima setiap orang, seperti yang berpotensi dilakukan oleh Tuhan.

Dunia akan menjadi tempat yang jauh lebih baik, pikirku. Tapi bagaimana dengan belas kasihan Tuhan? “Melalui semua urusan Tuhan dengan manusia,” Ellen G. White menulis, “Tujuan kasih karunia dan belas kasihan-Nya berjalan seperti benang emas.”

Bagaimana jika kita bisa melihat orang lain seperti Tuhan melihat mereka, jika kita bisa berbelas kasihan seperti Tuhan? Bukankah dunia juga akan menjadi tempat yang jauh lebih baik?

Melalui Yesus, Tuhan memanggil kita pada standar kesempurnaan-Nya. “Kamu akan menjadi sempurna, sama seperti Bapamu yang di surga sempurna” (Mat 5:48, NKJV). Ayat yang sering dikutip itu sering kali terlepas dari konteksnya, yang dinyatakan beberapa ayat sebelumnya.

“Aku berkata kepadamu, kasihilah musuhmu, berkatilah mereka yang mengutuk Anda, lakukan kebaikan kepada mereka yang membenci Anda, dan berdoa bagi mereka yang dengan penuh kedengkian memanfaatkan Anda dan menganiaya Anda, agar Anda menjadi putra Bapa Anda di surga; karena Ia membuat matahari-Nya terbit di atas orang jahat dan orang baik, dan mengirimkan hujan kepada orang benar dan orang tidak adil ”(Mat 5:44, 45).

Itu adalah standar kesempurnaan Tuhan dan panggilan Tuhan bagi mereka yang menyebut diri mereka anak-anak Tuhan – mencintai dengan sempurna seperti yang Dia kasihi, bahkan demi menjadi, dalam istilah manusia, tidak adil.

Bagaimanapun, itulah yang Dia lakukan dengan kita. “Melalui kemurahan Tuhan kita tidak pernah habis, karena belas kasihan-Nya tidak gagal” (Ratapan. 3:22, NKJV); dan “Tuhan, yang kaya akan belas kasihan, karena kasih-Nya yang besar yang dengannya Dia mengasihi kita, bahkan ketika kita mati dalam pelanggaran … membuat kita hidup” ( Efesus 2:4,5 NKJV).

Panggilan Tuhan untuk kesempurnaan adalah ajakan untuk berbelas kasihan dan baik hati kepada orang lain. Ini adalah satu-satunya harapan kita jika kita bermimpi untuk bisa naik bus surgawi.

https://bit.ly/3hXP4kf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *