Sketsa Yesus Mahakarya Leonardo da Vinci Ditemukan

Sketsa wajah Yesus

[AkhirZaman.org] Sebuah sketsa wajah Yesus Kristus ditemukan di Italia. Sketsa yang ditemukan setelah berabad-abad hilang kemungkinan besar dibuat oleh Leonardo da Vinci, pelukis ‘Mona Lisa’.

Banyak ahli yang menduga bahwa sketsa wajah Yesus tersebut benar merupakan karya Da Vinci, sebab sketsa yang dibuat di atas kertas dengan kapur merah itu menggunakan teknik dan gaya yang mirip dengan lukisan ‘Mona Lisa’.

“Ini adalah karya yang sangat indah dan halus dan saya sangat yakin itu adalah sketsa oleh Leonardo,” kata Annalisa Di Maria, sejarawan seni Italia yang mempelajari sketsa tersebut, mengatakan kepada Telegraph, sebagaimana dilaporkan New York Post dikutip Selasa (24/11/2020).

Para ahli juga mengatakan sketsa Yesus Kristus yang ditemukan berdebu tersebut kemungkinan besar adalah mahakarya yang tidak diketahui oleh Leonardo da Vinci

Untuk menentukan apakah karya tersebut dibuat oleh seniman Renaisans terkenal di dunia, para ahli menguji kertas tersebut dan menemukan bahwa kertas tersebut berasal dari abad ke-16, sekitar waktu da Vinci membuat sketsa ‘Potret Seorang Pria Berkapur Merah (Portrait of a Man in Red Chalk)’ dengan gaya dan media yang serupa.

“Ada banyak elemen, postur Kristus adalah ciri khas Leonardo, yang jarang menggambar sosok di depan tetapi dari suatu sudut,” kata Di Maria, menambahkan karya tersebut memiliki dinamisme dan rasa gerakan yang khas dari Leonardo.
“Penyajian jenggot secara praktis identik dengan potret diri Leonardo, begitu pula matanya, dan lukisan itu dibuat dengan kapur merah, yang sering digunakan seniman itu, termasuk dalam sketsa The Last Supper.”

Lebih lanjut, ahli lain juga menilai apakah gambar sketsa tersebut dibuat oleh orang kidal atau tidak.

“Saya perlu melihat apakah itu digambar dengan tangan kiri. Leonardo menggambar semuanya dengan tangan kirinya,” kata Martin Kemp, profesor emeritus dalam sejarah seni di Universitas Oxford.

Karya tersebut kini berada di tangan dua kolektor dari kota Lecco di Italia utara, yang memperolehnya dari koleksi pribadi. Setelah Italia dapat mengendalikan wabah pandemi, akan diadakan sebuah studi panjang tentang karya seni akan dipresentasikan di Florence.

Da Vinci, yang lahir pada tahun 1452, menciptakan mahakarya seperti ‘Mona Lisa’, ‘The Last Supper’, dan ‘The Vitruvian Man’.

https://bit.ly/364RrNQ

Sebuah lukisan yang dapat dipastikan siapa pelukisnya oleh karena adanya sebuah identitas yang tak terbantahkan dari sebuah ciri khas seorang pelukis. Pencipta selalu meninggalkan sesuatu yang berhubungan dengan ciri khasnya saja kepada apa yang diciptakannya.

Lalu kita manusia, siapakah yang menciptakan kita? Anda dapat menemukan siapa Sang Pencipta dunia dengan segala isinya, Dia adalah Tuhan Allah, secara detail Anda dapat membacanya di dalam kitab Kejadian pasal 1. Lalu ciri khas apa yang Tuhan Allah berikan kepada Anda dan saya sebagai bukti bahwa kita ini adalah ciptaan-Nya? “ Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.” Kejadian 1:27.

Tuhan Allah meninggalkan ciri khas dari buatan tanganNya, yaitu manusia memiliki GambarNya. Ap aitu gambar-Nya? Gambar adalah rupa, sebagai contoh seorang anak memiliki keserupaan dari orang tuanya (bapak dan ibunya), bukan hanya gambar dalam artian wajah tetapi juga memiliki kemiripan dalam hal karakter. Kita manusia segambar dengan Tuhan Allah kita, bukan hanya dalam wajah tetapi juga karakter. Tetapi keserupaan itu telah hilang Ketika dosa masuk. “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.” Roma 3:23.

Anda dan saya, serta manusia lainnya telah kehilangan identitas kita yang memiliki gambar dan rupa-Nya, secara otomatis kita pun kehilangan juga kemuliaan kehidupan kekal. Yesus datang ke dunia ini mati bagi Anda, saya dan semua umat manusia untuk dapat mengembalikan gambar-Nya kepada kita dan hidup kekal, Anda dapat temukan itu di dalam Yohanes 3:16.

Sebagaimana Yesus telah menebus kita dari hukuman dosa, maka biarlah kita Kembali kepada penyembahan yang benar, penyembahan hanya kepada Pencipta kita, sebagaimana tertulis: “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: karena itu muliakanlah Allah.” 1 Korintus 6:20.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *