[RH] PENCURAHAN ROH KUDUS

hakim

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Kisah 1:8.

[AkhirZaman.org] Gereja Kristus mulai berdiri dengan doa yang memohon turunnya Roh Kudus. ltulah pada masa muda sidang itu, ketika Kristus sudah berangkat dari dunia ini. Sejenak sebelum kenaikanNya ke sorga, Kristus telah mengutus murid-murid itu meniberitakan injil ke seluruh dunia ….

Dalam penurutan terhadap firman Tuhannya, murid-murid itu kembali ke Yerusalem, dan selama sepuluh hari mereka berdoa memohon kegenapan janji Allah. Sepuluh hari ini adalah hari-hari yang sungguh-sungguh menyelidik hati. Murid-murid itu menjauhkan segala perselisihan dari antara mereka, dan bersatu erat di dalam persekutuan Kristen ….

Pada akhir sepuluh hari itu Tuhan menggenapi janjiNya dengan curahnya Roh KudusNya. Ketika mereka “semua berkumpul di satu tempat” di dalam doa dan permohonan, berkat yang telah dijanjikan itupun turunlah…

Apakah akibat yang terjadi karena pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta itu? Berita kesukaan tentang Juruselamat yang telah bangkit itu tersebar sampai ke tempat-tempat yang amat jauh yang belum dihuni manusia. Hati murid-murid itu lebih dihangatkan lagi dengan kebajikan yang amat berlimpah, begitu dalam, begitu jauh, sehingga mendorong mereka supaya pergi ke ujung bumi.

Oleh karunia Kristus, rasul-rasul itu dijadikan demikian hebatnya. Dengan perbaktian yang sungguh-sungguh dan rendah hati, doa yang tulus yang membawa mereka ke dalam perhubungan yang rapat dengan Dia. Mereka duduk bersama-sama dengan Dia di dalam suasana sorgawi. Mereka menyadari kebesaran hutang mereka kepadaNya. Oleh doa yang sungguh-sungguh dan tekun mereka memperoleh anugerah Roh Kudus, lalu keluar, dibebani dengan beban penyelamatan jiwa-jiwa, penuh semangat menyebarluaskan kemenangan salib itu ….

Akan kurang sungguh-sungguhkah kita dari para rasul itu? Apakah kita, oleh iman yang hidup tidak akan menuntut janji-janji yang menggetarkan hati sanubari untuk berseru kepada Tuhan Yesus demi kegenapan FirmanNya: “Mintalah maka kamu akan menerima” (Yohanes 16:24) Bukankah Roh Allah seharusnya datang hari ini menjawab doa yang sungguh-sungguh dan tekun dan memenuhi orang-orang dengan kuasa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *