[RH] SETIA DALAM PERKARA KECIL

perkara kecil

Maka mereka itulah penjunan adanya, dan duduklah ia dalam kampung yang ditanami dan yang berpagar keliling; adapun mereka itu duduk di sana sebab mereka itu dalam pekerjaan raja. 1 Tawarikh 4:23.

[AkhirZaman.org] Tuhan merencanakan supaya pikiran orang muda Kristen harus dilatih dan dikembangkan agar serdadu muda itu mampu mengadakan usaha yang setinggi-tingginya; akan tetapi hal ini hanya dapat terlaksana kalau engkau bekerja sama dengan makhluk-makhluk sorga, menyiapkan dirimu bagi setiap kesempatan dan kewajiban yang diberikan padamu untuk melatih dan memperkembang dirimu. Tuhan menginginkan engkau setia di dalam perkara-perkara kecil, melakukan kewajiban setiap hari yang tampaknya kecil dan kurang penting menurut kesanggupanmu yang terbaik. Bila engkau merasa puas melakukan tugasmu dalam keadaan bermalas-malas, berarti engkau sedang berada dalam bahaya. lngatlah bahwa apa yang patut engkau lakukan, lakukanlah itu dengan sebaik-baiknya.

Setan selalu menghampiri pekerja Allah, untuk mencobainya, mengatakan padanya bahwa tidak apa-apalah melalaikan pekerjaan yang diserahkan padanya, karena tidak seorangpun yang akan mengetahuinya. Janganlah seorangpun dari padamu ditipu dengan anjuran yang demikian, karena engkau sendiri mengetahui bahwa engkau belum melakukan kewaiibanmu dengan baik, sehingga engkau kehilangan rasa hormat dan keyakinan pada dirimu. Engkau akan mengetahui bahwa engkau belum melakukan yang terbaik bagi Allah, dan engkau akan menyadari bahwa Allah mengetahui segala kelalaianmu. Janganlah lengah, karena sifat itu akan bertumbuh dalam dirimu dan akan tampak bukan saja dalam perkara-perkara yang kelihatan dari luar, tetapi juga dalam kehidupan rohanimu. Dalam melakukan pekerjaan yang dangkal, engkau akan memperoleh suatu latihan yang sama sekali membuat engkau tidak layak melakukan tanggung jawab hidup sekarang ini, begitupun kesenangan hidup masa mendatang.”

Di dalam rencana yang dibuat Allah bagi setiap orang Kristen tidak ada sesuatu yang tidak penting; Banyak pelajaran yang dapat dipelajari setiap orang dalam pengalaman setiap hari. Sabarlah, dan lakukanlah dengan setia pekerjaan yang diserahkan bagimu, betapapun rendahnya pekerjaan itu. Keriakanlah tugasmu dengan tenang, berharaplah kepada Allah untuk memperoleh kekuatan. Jangan cemas akan hari esok. Manfaatkanlah waktumu hari ini dengan sebaik-baiknya. Biarlah terangmu bercahaya-cahaya hari ini untuk Kristus, meskipun dalam tugas yang tampaknya kecil. . . . Melakukan kewajiban dengan setia hari ini berarti menyiapkan engkau memegang teguh pekerjaan hari esok dengan keberanian hati yang segar katamu, “Sampai di sini Tuhan menolong aku” (1 Samuel 7:12) Berdirilah senantiasa di hadapan Allah seperti penjaga yang siap siaga.“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *