Semua Kita Seperti Domba

Semua Kita Seperti Domba

AkhirZaman.org: Pada bulan Juli 2005, dalam suatu peristiwa dimana para gembala Turki, saat mereka sedang sarapan, menyaksikan dalam keheningan yang tercengang dan tak berdaya.

Domba Dan Kawanannya

Ketika seluruh kawanan mereka yang terdiri dari 1.500 ekor domba saling mengikuti satu per satu melewati tebing, sehingga banyak yang terjatuh. Secara keseluruhan, hanya 450 domba yang mati.

Domba-domba yang belakangan ditompa oleh Domba-domba sebelumnya. Domba memiliki naluri yang kuat untuk mengikuti yang ada di depannya tanpa “berpikir”.

Domba Hewan Peliharaan Yang Cerdas

Juga, jika seekor domba terguling dan tertimpa di punggungnya, seringkali ia tidak dapat berdiri kembali.

Karena ini dan kecenderungan aneh lainnya, banyak orang berasumsi bahwa domba adalah hewan yang bodoh. Namun sebaliknya kawanan domba merupakan hewan yang cerdas.

Domba Dapat Mengenali Wajah

Domba hewan peliharaan yang cerdas. Mereka dapat mengenali lebih dari 50 wajah domba lain hingga dua tahun.

Sebuah studi di jurnal Nature menunjukkan bahwa domba mungkin hampir sebagus manusia dalam membedakan wajah di tengah kerumunan keramaian.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana seekor domba terjebak ketika terbalik. Menariknya, biasanya Domba-domba yang gemuk atau yang sarat dengan mantel wol tebal yang tersangkut.

Domba Mudah Cemas Dan Panik

Seekor domba mungkin berbaring di lubang kecil yang nyaman setelah makan, berguling ke samping, dan berbaring agar sedikit lebih nyaman.

Jika seekor domba besar, bila kakinya tidak akan bisa mencapai tanah. Domba-domba itu kemudian mudah cemas dan panik kemudian mengayun-ayunkan kakinya, yang sering kali membuatnya terbalik.

Dalam posisi ini domba kemungkinan besar akan mati jika penggembala tidak segera menemukannya.

Kristus Gembala Yang Baik

Lukas 15 memberi tahu Anda bahwa Kristus gembala yang baik memperhatikan domba-Nya yang hilang.

Dan kemudian Ia meninggalkan sembilan pulu sembilan domba yang selamat untuk pergi dan menemukan domba yang mendapat masalah.

Perhatikan bahwa domba yang gemuk dan punya ekstra wol tebal inilah yang biasanya mendapat masalah. Mari kita ambil pelajarannya.

Ketika segala sesuatunya tampak berjalan baik dan kita mulai nyaman, inilah saat bahaya terbesar.

Gembala yang baik serta penuh kasih sering mengarahkan domba-domba-Nya ke Tempat-tempat yang nyaman untuk menjaga mereka tetap aman.

Kesimpulan

Semua kita seperti domba, suka mengikuti kawanan domba dengan mengambil jalan serta keputusan yang salah.

Sehingga banyak mudah cemas dan panik sebab telah tersesat dan jatuh dalam jurang penderitaan karena kesalahan dan kemauan sendiri.

Sehingga banyak menyadari sudah tersesat karena telah mengikuti apa kata orang yang sudah dianggap sebagai pemimpin mereka.

Banyak yang melihat dan mencontoh apa kata pemimpin, bukan meneladangi Tuhan sebagai gembala serta pemimpin yang baik bagi umat manusia melalui Firman Tuhan.

Ulangan 8:10-14
8:10
Dan engkau akan makan dan akan kenyang, maka engkau akan memuji TUHAN, Allahmu, karena negeri yang baik yang diberikan-Nya kepadamu itu. 8:11 Hati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan TUHAN, Allahmu, dengan tidak berpegang pada perintah, peraturan dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini; 8:12 dan supaya, apabila engkau sudah makan dan kenyang, mendirikan rumah-rumah yang baik serta mendiaminya, 8:13 dan apabila lembu sapimu dan kambing dombamu bertambah banyak dan emas serta perakmu bertambah banyak, dan segala yang ada padamu bertambah banyak, 8:14 jangan engkau tinggi hati, sehingga engkau melupakan TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *