[RH] Kesombongan Datang Sebelum Kejatuhan

[RH] Kesombongan Datang Sebelum Kejatuhan
Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati menjahului kejatuhan. Amsal 16:18 




AkhirZaman.org: Kesombongan Datang Sebelum Kejatuhan. Lucifer jatuh karena ambisinya untuk setara dengan Allah. Dia ingin untuk masuk ke dalam nasihat dan tujuan ilahi, yang darinya setan disingkirkan karena ketidakmampuannya sendiri, sebagai makhluk ciptaan, untuk memahami kebijaksanaan Yang Tak Terbatas. Kesombongan ambisius inilah yang menyebabkan pemberontakannya, dan dengan cara yang sama ia berusaha menyebabkan kehancuran manusia. 
Dosa berasal dari dalam dirinya sendiri. Lucifer, kerub yang berjaga ini, ingin menjadi yang pertama di surga. Dia berusaha untuk mendapatkan kendali terhadap Makhluk-makhluk surgawi, untuk menarik mereka menjauh dari Pencipta mereka, serta untuk memenangkan penghormatan mereka kepada dirinya sendiri. Oleh karena itu setan salah menggambarkan Allah, menganggap Allah sebagai pribadi yang ingin meninggikan diri. Dengan karakter tabiatnya yang jahat, setan berusaha untuk menghancurkan Sang Pencipta yang penuh kasih. 
Seandainya Lucifer Benar-benar ingin menjadi seperti Yang Mahatinggi, dia tidak akan pernah meninggalkan tempatnya yang telah ditentukan di surga; karena semangat Yang Mahatinggi dinyatakan dalam pelayanan yang tidak mementingkan diri. Lucifer menginginkan kuasa Allah, tetapi bukan karakter-Nya. Dia mengincar tempat tertinggi untuk dirinya sendiri, dan setiap makhluk yang digerakkan oleh rohnya akan melakukan hal yang sama.
Setiap kali kesombongan dan ambisi dimanjakan, maka kehidupan dirusak; karena kesombongan, merasa tidak memerlukan bantuan Ilahi serta menutup hati terhadap Berkat-berkat Surga yang tak terbatas.
Kesombongan hati adalah sifat karakter yang menakutkan. "Kecongkakan mendahului kehancuran." Ini benar adanya dalam keluarga, jemaat, serta bangsa. 
Umat Allah harus menghormati satu sama lain. Mereka hendaknya saling menasihati, supaya kekurangan yang satu dapat ditutupi oleh yang lainnya.
Allah membenci kesombongan, dan ... semua orang sombong dan semua orang yang melakukan kejahatan akan menjadi jerami, dan hari yang akan datang akan membakar mereka. 
“Belajarlah dariku,” kata Kristus; “karena Aku lemah lembut dan rendah hati: dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” Matius 11:29.
The Faith I Live By, 68.1-9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *