[RH] BERJUANG MELAWAN HAWA NAFSU

flwr and anml Copy

“Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu” ( 1 Petrus 1:14 ).

[AkhirZaman.org] Perut harus memiliki waktunya yang teratur untuk bekerja dan beristirahat, karenanya makan secara tidak teratur dan di antara jam-jam makan adalah suatu hal yang paling melanggar hukum-hukum kesehatan.

Dengan kebiasaan-kebiasaan yang teratur, dan makanan yang pantas, perut akan pulih secara bertahap. Karena mengikuti mode, yang selaras dengan selera yang tidak wajar, maka kue-kue pastri yang mewah, kue-kue pie, dan puding-puding dan setiap hal lain yang menimbulkan penyakit ditumpuk masuk ke dalam perut. Meja diisi dengan aneka ragam makanan, atau selera yang merendahkan tidak bisa dipuaskan. Pada pagi hari, budak-budak selera ini sering kali mengalami gangguan pernapasan dan gangguan pada lidah. Mereka tidak mendapatkan kesehatan, dan heran mengapa mereka menderita penyakit, seperti penyakit kepala dan beragam penyakit lain. Sebab akibatnya sudah nyata. Untuk memelihara kesehatan, pertarakan dalam segala hal diperlukan. Pertarakan dalam bekerja, pertarakan dalam hal makan dan minum.

Banyak yang sudah melakukan kebiasaan tidak bertarak sehingga mereka tidak akan mengubah arah hidup mereka dalam memanjakan keserakahan di bawah tiap pertimbangan. Mereka akan dengan segera mengorbankan kesehatan mereka, dan mati dengan cepat, daripada membatasi selera yang tidak bertarak. Dan ada banyak lagi yang tidak mengetahui hubungan antara kebiasaan makan dan minum mereka terhadap kesehatan. Kalau saja orang-orang itu diterangi, mereka boleh memiliki keberanian moral untuk menyangkal selera-selera, dan makan lebih sedikit, dan hanya memakan makanan yang menyehatkan, dan oleh cara bertindak mereka itu mereka boleh selamat dari sejumlah besar penderitaan.

Upaya-upaya seharusnya dibuat untuk memelihara dengan hati-hati kekuatan yang masih sisa dari kekuatan yang vital, oleh menyingkirkan beban yang berlebihan. Mungkin saja perut tidak pernah sepenuhnya pulih kesehatannya, tetapi suatu cara makan yang layak akan membawa selamat dari kerusakan yang lebih lanjut, dan banyak yang akan pulih, terkecuali mereka sudah pergi terlalu jauh dan keserakahan yang membunuh diri ini. Mereka yang mengizinkan diri mereka untuk menjadi budak-budak terhadap selera yang tidak wajar, seringkali pergi terlalu jauh, dan merusak diri mereka sendiri oleh memanjakan nafsu-nafsu mereka yang rusak, yang sudah dirangsang oleh ketidak bertarakan dalam hal makan dan minum. Mereka memberikan batasan yang merugikan kepada nafsu-nafsu yang merusak, sampai kesehatan dan kecerdasan menjadi sangat menderita. Kesanggupan-kesanggupan yang tinggi dalam jumlah yang besar, dibinasakan oleh kebiasaan-kebiasaan yang jahat.

( 2 SM 416, 417 )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *