Runtuhnya Bank Silicon Valley Dampak bagi Perekonomian Dunia?

Apa Dampak Runtuhnya Silicon Valley Bank Terhadap Kondisi Perekonomian Dunia

AkhirZaman.org: Sangat tidak mungkin seorang Willie Sutton, sang perampok bank dari era awal abad 20, ditanyai perihal alasannya merampok bank.

Karena di situlah uangnya, begitulah jawaban Sutton.

Kutipan itu sendiri benar, terlepas dari betapa meragukannya kutipan tersebut.

Bagaimana reaksi Anda jika kelak Anda terbangun dan mendapati bahwa ternyata bank Anda telah mengalami pembobolan?

Penjualan Saham

Pengumuman mengejutkan mengenai situasi genting Silicon Valley Bank pada tanggal 8 Maret membuat khawatir para investor dan nasabah bank tersebut, yang telah membangun popularitas selama 40 tahun sebagai “salah satu pemberi pinjaman paling terkenal di dalam dunia start-up.”

Menurut The New York Times, bank Silicon Valley menyatakan bahwa mereka telah menjual $21 miliar dari investasinya yang paling fleksibel, atau yang mudah dipindahtangankan; meminjam $15 miliar; dan melakukan penjualan saham darurat untuk mendapatkan uang tunai.

Bahkan jika mereka melakukan semuanya sekaligus, bank-bank lain akan ragu-ragu untuk melakukannya.

Serangkaian kejadian yang tidak menguntungkan terjadi akibat adanya beberapa gejala bahaya ini.

Ketika terjadi peringatan ini, para investor terburu-buru melakukan transaksi penjualan saham, serta semakin banyak nasabah yang mulai melakukan aktivitas penarikan tunai.

Akibatnya, bank ini pun mengalami krisis pada tanggal 9 Maret karena total $42 miliar dalam upaya penarikan uang tunai. Tanggal 10 Maret adalah tanggal runtuhnya Silicon Valley Bank.

Menyusul peristiwa ini, seluruh industri perbankan perekonomian dunia menghadapi berbagai guncangan, dimulai dari hampir terhindar dari efek berantai kolapsnya para pemberi pinjaman sampai kerugian miliaran dolar pada harga saham global.

Jenis Bantuan Pemerintah?

Silicon Valley Bank yang bermarkas di Santa Clara, California, dengan 17 unit kantor perwakilan yang tersebar di Massachusetts dan California, menjadikan kantor pusatnya di sana.

Pada akhir tahun 2022, bank ini telah berkembang secara besar-besaran saat wabah dan setelah masa surutnya COVID-19 serta menjadi bank terbesar ke-16 di negara ini, dengan total aset sekitar $209,0 miliar dan total deposito sekitar $175,4 miliar.

Pada tahun 2022, 44% dari berbagai usaha penawaran umum perdana [initial public offering/IPO] pada bagian teknologi dan perawatan kesehatan adalah nasabah dari Silicon Valley Bank, menurut Investopedia.

Meskipun biasanya hanya menjamin deposito hingga $250.000, FDIC akhirnya setuju untuk mengizinkan semua pemilik dana untuk mendapatkan kompensasi untuk semua dana yang dimiliki dari Silicon Valley Bank sebagai upaya untuk menyeimbangkan perekonomian yang mengalami kondisi yang tidak begitu sehat.

Padahal sebelumnya tidak hanya hal seperti itu. Di tanggal 12 Maret, The Fed juga turun tangan untuk mempertahankan Signature Bank dari krisis yang memiliki pola yang sangat serupa.

Beberapa orang menuding bahwa keputusan pemindahan tersebut diambil dengan gegabah serta dapat menimbulkan kerugian dari “penularan oleh SVB.”

Dengan 40 kantor perwakilan, total kekayaan senilai $110,36 miliar, dan simpanan sebesar $88,59 miliar pada awal tahun baru, Bank Signature berada dalam kondisi yang baik, sama seperti Silicon Valley.

Sayangnya, justru dalam hitungan hari, Signature menjadi “bank peringkat ketiga terbesar yang runtuh dalam sejarah negeri Paman Sam.”

Dengan adanya upaya penyelamatan dari pemerintah Swiss, bank terbesar di negara ini, UBS, dapat melakukan pembelian Credit Suisse dengan nilai $3,2 miliar berkat pinjaman dari bank sentral negara ini, yaitu Swiss National Bank.

Krisis Keuangan

Seluruh industri perbankan global mengalami kegelisahan hebat hanya dalam beberapa pekan ini.

Peristiwa apa lagi yang akan terjadi di hari-hari selanjutnya yang akan semakin dekat hanya dalam beberapa hari saja?

Ketika boikot besar-besaran secara global melarang pembelian dan penjualan, Mereka yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki iman Yesus. (Wahyu 14:12)

Tidak mungkin dapat melakukannya, dimana faktor keuangan (ekonomi) akan memainkan peran penting dalam kesulitan-kesulitan di akhir zaman sebelum Kedatangan Kedua, menurut (Wahyu 13:16, 17).

Pada saat itu, umat Tuhan tidak akan bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah atau bank.

Sebaliknya, ketergantungan kita sepenuhnya haruslah kepada Tuhan Yesus Kristus, Juruselamat kita yang sesungguhnya.

Yesus pernah berkata, “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi yang dapat dirusak oleh ngengat dan karat dan yang dapat dibongkar oleh pencuri, tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga yang tidak dapat dirusak oleh ngengat dan karat dan yang tidak dapat dibongkar oleh pencuri. Karena hatimu akan mengikuti hartamu ke mana pun hartamu pergi.” (Matius 6:19-21).

Apakah terpikir oleh Anda bahwa semua kekayaan dunia ini juga berpotensi luluh lantak dalam sekejap tanpa disangka-sangka dan dalam waktu satu hari saja?

Keselamatan Anda

Sangat mengesankan untuk menyimak bahwa kitab Wahyu menubuatkan bahwa sistem kerajaan yang bejat yang dikenal sebagai Babel – yang kepadanya “pedagang-pedagang di bumi menjadi kaya karena kelimpahan kemewahannya” – akan runtuh pada akhir zaman.

Negara-negara di dunia, atau “raja-raja di bumi, yang hidup mewah bersamanya,” juga dikatakan berkabung dan berduka karenanya, menurut ayat ini (ay. 9).

Masa depan yang digambarkan dalam ayat-ayat ini menggambarkan keadaan seluruh bumi. Ayat-ayat ini memberikan peringatan bahwa tidak ada nilai uang, bahkan kekuasaan Babel sekalipun, yang dapat memastikan keamanan Anda karena semua sistem pada akhirnya akan runtuh.

Bukan berarti semua kondisi genting ini telah terungkap oleh perkembangan ekonomi global kita yang sangat luas dan rumit.

Apakah Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Babel rohani yang disebutkan dalam pasal-pasal terakhir kitab Wahyu?

Dalam “Kehancuran Besar Babel,” Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai keberadaan kerajaan yang penuh teka-teki ini.

Ketahuilah mengapa Kristus-dan hanya Dia saja-dapat memberi Anda jaminan kehidupan kekal yang tidak akan gagal dalam ” Penetapan, Kebebasan Memilih, serta Keselamatan.”

Temukan mengapa jaminan keselamatan dari Kristus adalah sumber yang dapat diandalkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *